SENPRO NEWS

Rahasia Kaca Anti Peluru Bisa Menahan Hantaman Peluru

Mobil-mobil kepresidenan biasanya dilengkapi dengan aneka teknologi yang bisa menjamin keamanan penumpangnya, salah satunya adalah kaca anti peluru. Kaca anti peluru bisa melindungi penumpangnya dari resiko tertembak ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Meskipun masih tetap pecah ketika peluru ditembakkan ke kaca anti peluru, namun peluru tersebut tidak sampai tembus ke dalam sehingga penumpang tetap aman. Apa rahasia dibalik kemampuan kaca anti peluru dalam meredam peluru yang ditembakkan?

Jika kaca biasa pasti akan pecah jika terkena tembakan peluru, maka kaca anti peluru ini berbeda. Ia tetap pecah pada lapisan pertamanya, namun ada sebuah lapisan khusus yang memang bisa menahan peluru sehingga peluru tidak tembus hingga lapisan terakhir dan menembus kaca. Ketahanan kaca anti peluru ini tergantung dengan jenis senjata dan juga lapisan yang dibentuk oleh kaca anti peluru ini.
/

Lapisan yang bisa menahan tenaga dorong dari peluru ini disebut lapisan polycarbonate. Polycarbonate adalah material polimer atau gabungan dari jutaan unit berbentuk rantai dan jaringan yang berulang. Seperti beberapa polimer pada umumnya, polycarbonate bisa dibilang merupakan salah satu jenis plastik. Sifatnya yang bening, tahan panas jika dibandingkan plastik jenis lain, dan lentur membuat polycarbonate dipilih untuk menjadi lapisan dalam kaca anti peluru. Benda lain yang dibuat dari polycarbonate adalah galon air mineral dan juga tameng polisi.

Ukuran ketebalan kaca anti peluru berkisar diantara 7 hingga 75 mm, tergantung dengan kebutuhannya. Bentuk dari kaca anti peluru ini mirip lapisan-lapisan. Jika ada peluru yang ditembakkan pada selembar kaca anti peluru, maka peluru akan menembus lapisan luar kaca. Namun, bahan polikarbonat yang melapisi kaca akan menyerap energi dorong dari peluru dan menghentikan laju peluru sebelum menembus kaca. Sehingga dapat dipastikan bahwa kaca tetap ada bekas retaknya.

Pembuatan kaca anti peluru yang didesain agar berupa lapisan-lapisan ini ikut membantu kinerja kaca anti peluru itu sendiri. Ketika mendapat gaya tekan dari peluru yang ditembakkan, maka energi tekannya akan disebar ke permukaan kaca melalui lapisan-lapisannya. Sehingga, energi tersebut sudah banyak terserap dan berkurang sebelum akhirnya mencapai ke lapisan polycarbonate. Ketika sudah mencapai lapisan polycarbonate, laju peluru sudah melambat dan energi sudah banyak berkurang sehingga peluru pun tidak akan bisa menembus lapisan tersebut.

Terdapat juga jenis kaca anti peluru yang satu arah dimana hanya bisa menahan peluru dari satu arah saja. Manfaat dari kaca jenis ini adalah agar orang yang berada di dalam bisa membalas tembakan orang yang berada di luar karena kaca bisa ditembus oleh peluru dari dalam.

Pembuatan kaca anti peluru ini pada dasarnya terdiri atas berbagai tahap yaitu pertama kaca dan lapisannya diukur dan dipotong sesuai yang diperlukan kemudian kaca tersebut dibersihkan sebelum nantinya akan disusun berlapis dan dibuat saling merekat. Kaca dan pelapisnya disusun sesuai dengan susunan yang diperlukan lalu dimasukkan ke dalam kantong vakum atau kedap udara. Kantong vakum diberi panas dan tekanan tinggi sehingga lapisan-lapisan kaca bisa menyatu secara sempurna. Jika sudah, kaca juga perlu dilakukan pengujian untuk memastikan bahwa kaca anti peluru ini benar-benar bisa menahan tekanan peluru yang ditembakkan langsung ke arah kaca

Keberadaan teknologi kaca anti peluru ini sangat penting bagi keperluan keamanan terutama untuk dipasang di tempat khusus seperti kaca mobil presiden. Bagaimanapun juga, presiden harus dilindungi ketika berada di perjalanan.

Follow us on
============================
website :
https://senpro.co.id/
https://www.antipeluru.com/

social media :
https://www.facebook.com/senproindonesia/
https://www.instagram.com/senpro.indonesia/

head office :
SENPRO Indonesia . Ph. +62 21 84308696

============================